Blog Sanur Library

Selasa, Oktober 23, 2012

Biology Book (3): Curiousity. How Science Became Interested in Everything.

Author: Philip Ball



Ada suatu masa dimana rasa ingin tahu yang kita rasakan berubah menjadi rasa penasaran yang kadang berlebihan sehingga membuat kita mengesampingkan rasa – rasa salah yang mungkin timbul saat kita melakukan berbagai macam penelitian atau penyelidikan tentang suatu hal.
Dan di sini Philip Ball telah meluncurkan sebuah buku pengetahuan ilmiah yang sangat menggugah rasa penasaran kita tentang ilmu alam. Philip Ball adalah seorang penulis ilmu pengetahuan yang sangat produktif. Telah ada pergeseran nyata dalam karyanya, dari tahun 2001 tentang karya magnum opus-nya, The Tapestry Diri-Made (sekarang tersedia sebagai tiga novel berguna: Bentuk, Arus dan Cabang) yang menuju pada pendekatan yang lebih filosofis.
Curiosity meneliti bagaimana kita terdorong untuk memiliki rasa ingin tahu terhadap kejadian – kejadian yang terjadi di sekitar kita. Mengapa kutu melompat begitu tinggi? Mengapa bisa terjadi gravitasi? Apa bentuk awan?
Buku ini juga mengajak pembaca untuk tergugah rasa ingin tahunya untuk mengetahui penelitian yang dilakukan oleh Galileo dan Isaac Newton.
Curiosity mengungkapkan cerita yang kompleks, di mana rasa ingin tahu itu terkait dengan sihir, agama, sastra, perdagangan wisata, dan kerajaan. Dengan munculnya rasa ingin tahu, kita bisa bertanya apa yang telah terjadi hari ini: bagaimana fungsinya dalam ilmu pengetahuan, bagaimana itu dapat berputar dan dikemas dan dijual, seberapa baiknya dia sehingga dipertahankan dan dihormati, dan bagaimana bentuk perubahan ilmu pengetahuan mempengaruhi dunia.

23/10/12

Aprillianawati, S.Pd 
Teacher of Santa Ursula Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar