Blog Sanur Library

Jumat, Januari 25, 2013

Coffee Production

Author: Bernhard Rothfos

No. Panggil: 663.73 ROT c



Buku ini menceritakan tentang sejarah kopi bahwa kopi pertama kali dibawa oleh bangsa Eropa sekitar 300 tahun yang lalu. Namun sebenarnya kopi sendiri berasal dari negara bagian tropis yang ada di Afrika. Di dalam buku ini dijelaskan bahwa kopi tumbuh dengan liar , kecuali kopi Arabia; namun kopi ini biasanya akan tumbuh liar di Etiopia. Dan pada kopi robusta, diketahui tidak tumbuh liar sampai pada tahun 1860.
Selain itu buku ini juga menjelaskan tentang keadaan kopi saat ini dimana kopi dijadikan sebagai benda ritual yang mempunyai nilai budaya tersendiri. Dan, biji kopi tidak dapat bertemu langsung dengan api, dimana biji tersebut akan mengalami panas yang berlebihan dan akan memberikan rasa dan bau yang baru terhadap hasil kopinya yang bau tersebut kurang nikmat untuk dicium.
Banyak sekali informasi yang dapat dibaca oleh pembaca jika membaca buku ini, yang antara lain adalah deskripsi tentang tanaman kopi, pemupukkan tanaman kopi, macam – macam kopi, lingkungan yang mendukung pertumbuhan kopi, langkah memberikan humus, pengairan untuk tumbuhan kopi, dan informasi lain yang memang sangat dibutuhkan selama merawat tanaman kopi.

25/01/13

Aprillianawati, S.Pd 
Teacher of Santa Ursula Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar