Blog Sanur Library

Selasa, Oktober 27, 2015

Sang Pewaris: Tokoh - tokoh kesenian tradisi madura dan minangkabau



Sang Pewaris: Tokoh - tokoh kesenian tradisi madura dan minangkabau
Author : Hanefi & Eko Wahyuni
Call Number : 700.92 HAN s C1

Buku ini diciptakam karena adanya rasa kepedulian untuk menjaga dan melindungi kebudayaan Indonesia. Di dalam buku ini tersedia beberapa tokoh seniman tradisi pilihan, dari Madura dan Minangkabau yang ahli di bidangnya masing-masingMereka tetap menekuni dan menjaga kelestarian kebudayaan tradisional daerah mereka.
Buku ini memberikan ilustrasi yang menarik bahwa para pewaris tradisi ini menghadapi berbagai tantangan yang besar dalam arus perubahan kebudayaan. Sang pewaris tidak lagi mempunyai peran penting untuk menawarkan nilai tradisi mereka pada generasi muda.
Kita dapat melihat keindahan dan nilai yang terkandung dalam kebudayaan yang berbeda. Acapkali, keseniannya juga hadir di dalam upacara itu, sehingga kita akan mendapat kesempatan lebih banyak mengenalnya. Kita juga akhirnya dapat mengetahui ada berbagai cara yang mungkin rumit yang dilakukan dalam upacara itu. Tetapi kita juga mengetahui bahwa hal itu adalah bagian dan proses dari nilai yang mereka warisi, sebagai jalan untuk menjadikan mereka menjadi manusia seutuhnya.
Buku ini disajikan dalam bentuk multimedia, teks dan media rekam (DVD). Keduanya memberikan informasi yang saling menlengkapi. Pembaca tidak hanya dapat melihat informasi secara tertulis, tetapi juga dapat menonton kegitan para tokoh seniman tradisi dalam keeping DVD.

27 Oktober 2015


Christina Yolanda S.Hum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar