Blog Sanur Library

Kamis, November 19, 2015

10 Tokoh Transformatif Indonesia


10 Tokoh Transformatif Indonesia
Author : Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si & Dr. Iding Rosyidin M,Si
Call Number : 959.8092 HER s C1
Saat mesin kaderisasi politik dan sistem birokrasi pemerintahan seolah mandek dalam membidani dan melahirkan pemimpin dan kepemimpinan yang diharapkan rakyat, dan di saat harapan untuk itu seolah berujung tak bertepi, muncul sosok-sosok yang bukan hanya pandai beretorika, tetapi juga memberi inspirasi dengan kerja nyata. Apa yang mereka katakan, itu pula yang dilakukan.

Mereka bekerja, melayani, mempelajari masalah, dan menawarkan solusi bagi persoalan bangsa. Lebih-lebih lagi mereka menggerakkan orang untuk berpartisipasi bukan lewat instruksi melainkan dengan contoh dan keteladanan. Mereka adalah para pemimpin transformatif yang sejak dua windu silam, ketika reformasi digulirkan, selalu diidam-idamkan kehadirannya untuk memegang tampuk kepemimpinan bangsa ini.

Di dalam buku ini terdapat banyak sekali sosok pemimpin yang dapat merubah bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Mereka memiliki kisah masing – masing dalam merubah Indonesia. Buku ini dikemas dengan sangat menarik dan sungguh banyak kisah indpiratif di dalam buku ini. Dalam buku ini pun dijelaskan 3 kriteria ideal dalam menentukan pemimpin yang transformatif. Pertama; mereka adalah sosok yang memiliki kemampuan refleksivitas yang memadai. Kedua; pemimpin transformatif memiliki basis asketisme dalam laku kepemimpinannya. Aksestisme dalam konsep ini memiliki arti sebagai upaya menjalankan aktivitas kepemimpinan berdasarkan pada prinsip kesederhanaan dan etika, serta memproyeksikan tindakannya demi kemaslahatan rakyat Indonesia. Ketiga; seorang pemimpin tranformatif memiliki performa kerja dan komunikasi yang memadai.

Di dalam buku ini terdapat 10 tokoh Inspiratif Indonesia yakni;
1.      Anies Baswedan : Turun Tangan Demi Indonesia
2.      Basuki Tjahaja Purnama : Hadir Memperbaiki Birokrasi
3.      Chairul Tanjung : Dari Dokter Gigi, Pengusaha, Hingga Menko
4.      Ignasius Johan : Mengubah Wajah Kereta Api Indonesia
5.      Joko Widodo : Dari Solo Untuk Indonesia
6.      Mahfud MD : Politisi dan “ Wakil Tuhan “ Di Dunia
7.      Nurdin Abdullah : Bintang Terang Dari Timur
8.      Ridwan Kamil : Pemimpin Muda Penuh Gebrakan
9.      Tri Mumpuni : Pejuang Tangguh Yang Bersahaja
10.  Tri Rismaharini : Perempuan Tegas Berhati Lembut

19 Oktober 2015

Christina Yolanda S.Hum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar