Blog Sanur Library

Jumat, November 13, 2015

Ensiklopedi Gereja



Ensiklopedi Gereja
Author : A. Heuken SJ
Call Number : 282.03 HEU e

Buku Ensiklopedi Gereja yang diterbitkan oleh Yayasan Cipta Loka Caraka ini mencakup serta menjelaskan segala bidang yang menyangkut Gereja, antara lain; Wahyu Ilahi, Alkitab, ajaran dogmatis serta moral, hukum dan sejarah, aneka  pokok yang berkaitan dengan ilmu – ilmu lain, khususnya humaniora dan tentu saja perkembangan serta perubahan dalam umat-umat Kristen, terutama dalam hal ekumene.

Ensiklopedi ini disusun dengan disusun untuk orang awam terdidik, yang ingin mengetahui Gereja dengan lebih mendalam dan Agama Kristen yang lebih luas. Di dalam ensiklopedia ini terdapat 140 entri yang berawalan huruf A  dan B. Dari semua benua, selain benua Eropa seluruhnya dijelaskan dalam edisi ini. Selain itu, buku ini memberikan penjelasan sejarah penginjilan yang dalam benua yang bersangkutan. Hal penting seperti Agama, Ajaran sosial Gereja, Allah, Alkitab, Altar, Biara dan Biarawan serta Biarawati, Bruder, serta enam Keuskupan Indonesia, yakni Agats, Amboina, Atambua, Bandung, Banjarmasin, dan Bogor diuraikan dengan sangat jelas diuraikan dalam buku ini. Sebagai entri baru dimasukan antara lain Ambon, Kerusuhan di – Arkeologi Tanah Suci, Arsitektur Gereja, Badan yang bangkit, Benediktin, Bimas Protestan.

Buku ini sangat dilengkapi dengan gambar – gambar lukisan serta foto – foto yang sangat menjelaskan mengenai kehidupan perkembangan Gereja di Indonesia. Buku ini pun dilengkapi dengan penjelasan mengenai fot serta lukisan yang tercantum yang dijabarkan dengan sangat mendetail. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan grafik, peta ataupun gambar dan juga lukisan yang sangat mendukung entri – entri yang bersangkutan dan membuat pembaca lebih mudah memahaminya.

07 November 2015


Christina Yolamda S.Hum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar