Blog Sanur Library

Kamis, Desember 10, 2015

Panduan Bagi Guru Bahasa Inggris




Judul: Panduan Bagi Guru Bahasa Inggris
Author: Helena Ceranic
Call Number: 371.3 KG CER c C1

                Buku ini menjabarkan tentang cara-cara dan panduan untuk guru guru Bahasa Inggris. Cara-cara tersebut dijabarkan dalam beberapa bab, yaitu perencanaan mengajar, mengajarkan, mengembangkan praktik agar lebih menarik, sarana untuk mengajarkan ketrampilan berbicara dan mendengarkan, sarana untuk ketrampilan membaca, sarana untuk ketrampilan menulis, cara pengajaran agar teratur dan efisien, refleksi dan pemgembangan latihan, ketrampilan Bahasa Inggris di luar kelas.
                Perencanaan untuk pelajaran Bahasa Inggris yang mengesankan memiliki beberapa prinsip. Yang pertama, kita harus menyadari pentingnya perencanaan sebelum mengajar, agar pelajaran dapat berjalan dengan teratur, dan tidak membosankan.  Kedua, kita dalam mengajar harus berfokus pada hal-hal penting, intisari dari pelajaran yang anda rencanakan untuk hari tersebut, sehingga jam belajar tidak hanya mengisi waktu belajar, tetapi lebih efisien dan mudah dimengerti oleh siswa anda. Ketiga, anda harus mengerti tujuan pembelajaran siswa, lebih dibandingkan dari tujuan pengajran anda, sehingga anda dapat mengutamakan pendidikan dari siswa anda dan tujuan pembelajaran tersebut dapat dicapai.
                Keempat, anda harus berhasil memenuhi tujuan yang ditetapkan Kurikulum Nasional. Kelima, berfokus pada kualitas pembelajaran bagi semua siswa, jangan sampai pengajaran anda terlalu cepat, atau terlalu lambat, atau tidak dimengerti oleh siswa, sekalipuna anda sudah menggunakan metode yang menarik menurut anda. Anda harus tetap menjelaskan kepada siswa agar siswa menjalankan metode anda sesuai dengan keinginan anda. Terakhir, anda harus membuat lingkup evaluasi dengan merencanakan kesempatan untuk memantau pandangan guru dan siswa.
                Cara mengajarkan Bahasa Inggris dengan mengesankan ada beberapa prinsip, seperti hubungan antara mengajar dan belajar, mengembangkan iklim pembelajaran, manajemen kelas yang efektif, mengembangkan keahlian siswa, mengatur ruang belajar, mencatat, dan mengumpulkan PR, membagi dan mengumpulkan sumber belajar, menyatakan instruksi dengan jelas, membangun hubungan dengan siswa, member pujian dan masukan  terutama yang bersifat pribadi, berinteraksi dengan siswa, bersikap mudah didekati, tersenyum, menciptakan lingkungan belajar yang positif, memanfaatkan sebagian besar jam pelajaran, bersikap fleksibel, berimprovisasi, melibatkan siswa, proses dan transisi pelajaran yang efektif, mendorong pembelajaran efektif.
                Mengembangkan praktik tugas yang baik dalam pelajaran Bahasa Inggris memiliki beberapa prinsip, yaitu perbedaan antar memberi nilai dan tugas, mengatur dan merencanakan kesempatan asesmen, membuat proses pemberian nilai menjadi dapat dikelola dan bermanfaat, melibatkan orang tua dan siswa dalam asesmen, dan mencatat hasil asesmen.
                Sarana untuk mengajarkan ketrampilan berbicara dan mnedengarkan ada beberapa prinsip, yaitu pidato, percakapan, mengkapitalisasikan pembicaraan di kelas, presentasi individual, kegiatan kelompok, tugas berdasrkan drama, dan melakukan asesmen terhadap cara berbicara dan mendengarkan.
                Sarana mengajar ketrampilan membaca ada beberapa prinsip , yaitu membaca sebagai hobi, ketrampilan komprehensi, buku nonfiksi, media membaca, puisi, prosa, dan penulisan esai.
                Sarana untuk mengajar ketrampilan menulis memiliki beberapa prinsip, yaitu tata bahasa, menulis secara mandiri, struktur kalimat, tanda baca, penulisan dan efeknya, pengaturan teks, strategi mengeja, dan mengajarkan tiga komponen menulis.
                Menjadi guru Bahasa Inggris yang teratur dan efisien memiliki beberapa prinsip, yaitu menjadi produktif, memegang kendali, mengelola waktu, mengelola tugas, mengelola penilaian dan kertas kerja, mengelola stress, mengatur sumber belajar, menggunakan ICT sebaik mungkin.
                Menjadi reflektif dan mengembangkan latihan anda mempunyai beberapa prinsip, yaitu mengembangkan diri tanpa lelah, mengevaluasi pelajaran, pengembangan professional. Berbagi dan mengembangkan praktik yang sempurna, dan mengembangkan karier anda.

10 Desember 2015
Theresia Fayola Winayo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar